All for Joomla All for Webmasters
Mitos dan Fakta Seputar Penyakit Reumatik

Apakah mitos atau fakta jika mandi malam dapat menyebabkan reumatik? Apakah mitos atau fakta makan kangkung atau bayam sebabkan penyakit reumatik ? Apakah mitos atau fakta reumatik adalah penyakit keturunan? Berbagai perdebatan mitos dan fakta seperti pertanyaan tersebut banyak tersebar di kalangan masyarakat dari tahun ketahun dan menjadi perdebatan yang seakan tidak pernah usai. Mitos sendiri mengandung arti rumor, desas desus, dongeng yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat yang mempengaruhi perilaku pasien dan keluarga. Sementara fakta adalah hal atau keadaan yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi.

Banyaknya mitos yang beredar di masyarakat terkait reumatik ini disebabkan oleh banyaknya kasus reumatik yang terjadi di masyarakat, mengingat jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 200 juta jiwa. Selain itu usia harapan hidup yang semakin meningkat membuat penyakit degeneratif atau penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan/penghancuran terhadap jaringan/organ tubuh juga semakin meningkat, selain itu penyebab mengapa banyaknya mitos tentang reumatik disebabkan juga oleh banyaknya masyarakat yang menganggap sepele penyakit reumatik sehingga tidak datangnya pasien ke profesional kesehatan yang mengakibatkan mitos terkait penyakit reumatik menyebar luas dikalangan masyarakat.

Reumatik merupakan penyakit tulang dan sendi yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Reumatik disebabkan inflamasi, metabolik, otoimun, neoplasma, infeksi dll. Reumatik terdiri atas berbagai jenis dan bisa menjangkiti persendian mana pun pada tubuh. Reumatik terdiri atas berbagai jenis dan bisa menjangkiti persendian manapun pada tubuh. Penyakit reumatik sendiri terdiri lebih dari 100 jenis. Berikut penyakit reumatik yang paling banyak menjangkit di masyarakat:

  1. Rheumatoid Arthritis atau kondisi ketika kekebalan tubuh keliru menyerang jaringan-jaringan sendi
  2. Osteoartritis adalah penyakit persendian yang menimbulkan rasa sakit dan terbatasnya pergerakan sendi
  3. Sindrom Sjogren adalah penyakit sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang jaringan yang sehat dan menyebabkan peradangan
  4. Lupus atau penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia
  5. Ankylosing spondylitis atau penyakit peradangan kronis yang menjangkiti tulang belakang dan bagian tubuh lainnya

Berikut adalah beberapa mitos dan fakta terkait reumatik:

  1. Mandi malam dan berada pada ruangan berAC menyebabkan reumatik
    Faktanya, menurut penelitian bahwa mandi malam dan cuaca dingin tidak menyebabkan penyakit reumatik. Namun, pada penderita reumatik tertentu faktor dingin memperburuk keluhan. Hal ini juga dapat dikaitkan dengan penderita fenomena Raynaud’s atau suatu kondisi yang menyebabkan berkurangnya aliran arah ke jari-jari tangan, jari kaki, telinga dan ujung hidung. Kondisi ini biasanya terjadi karena paparan suhu dingin. Fenomena Raynaud’s umumnya diderita wanita usia 20-40 tahun.
  2. Makan kangkung dan bayam sebabkan reumatik
    Faktanya, hal ini berkaitan dengan makanan tinggi purin yang menyebabkan penyakit gout. Gout atau asam urat adalah bentuk artritis yang dapat menyebabkan terjadinya rasa sakit yang tiba-tiba parah, sembap, kemerahan , penghangatan dan persendian.
    Gout adalah akibat dari menumpuknya kristal asam urat seperti jarum dalam ruang sendi. Meningkatnya produksi asam urat karena konsumsi makanan yang kaya akan purin maupun karena berkurangnya daya buang asam urat dari ginjal. Purin sesungguhnya dalah zat alami yang ditemukan didalam sel, termasuk di dalam tumbuhan dan hewan. Purin yang masuk kedalam tubuh kita akan dimetabolisme menjadi asam urat yang bertindak sebagai anti oksidan dan berguna untuk melapisi pembuluh darah. Proses ini adalah proses yang normal dan sehat. Namun pada kasus tertentu, fungsi ginjal kurang memadai sehingga menyebabkan kelebihan asam urat dalam tubuh kita. Asam urat lama kelamaan menjadi kristal dan mengikis jaringan lunak atau lapisan tulang rawan sendi yang mengakibatkan gejala radang sendi. Makanan yang mengandung purin tinggi itu seperti daging merah, sea food, anggur, minuman terutama bir, ragi, kacang-kacangan dan coklat
  3. Reumatik penyakit keturunan
    Hal ini dapat dikaitkan karena beberapa jenis reumatik memiliki predisposisi genetik seperti gout, SLE dan RA
  4. Mandi dan aktifitas fisik pasca persalinan sebabkan reumatik
    Faktanya hal tidak berkaitan dengan reumatik
  5. Reumatik Penyakit orang tua (Proses penuaan)
    Faktanya reumatik bukan hanya merupakan penyakit orang tua, neonatus sampai usila berkaitan dengan kejadian jenis penyakit reumatik tertentu.
  6. Reumatik hanya menyerang wanita
    Faktanya reumatiktidak hanya menyerang wanita, reumatik menyerang kedua gender.
  7. Infeksi Penyebab reumatik
    Ya, pada Artitis Septik dan artitis reaktif pasca infeksi mikroba tertentu
  8. Antibiotik untuk sendi bengkak
    Antibiotika hanya digunakan untuk artritis septik
  9. Terapi air dingin
    untuk reumatik Jangan sesekali memberikan terapi air dingin pada penyakit reumatik. Terapi dingin dipakai untuk mengurangi pembengkakan, nyeri reumatik(AKUT)
  10. Sandal Reumatik
    Tidak terbukti, tonjolan pada sandal reumatik dapat memperberat nyeri reumatik tertentu.

Sumber: Rudy Hidayat, Divisi Reumatologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam, FK UI/RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo